Komunitas Modifikasi Sepeda Motor Klasik di Indonesia

Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin. Letak kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik. Sedangkan pada kecepatan rendah, kestabilan atau keseimbangan sepeda motor bergantung kepada pengaturan setang oleh pengendara. Sepeda motor merupakan pengembangan dari sepeda konvensional yang lebih dahulu ditemukan. Pada tahun 1868, Michaux ex Cie, suatu perusahaan pertama di dunia yang memproduksi sepeda dalam skala besar, mulai mengembangkan mesin uap sebagai tenaga penggerak sepeda. Namun usaha tersebut masih belum berhasil dan kemudian dilanjutkan oleh Edward Butler, seorang penemu asal Inggris. Butler membuat kendaraan roda tiga dengan suatu motor melalui pembakaran dalam. Sejak penemuan tersebut, semakin banyak dilakukan percobaan untuk membuat motor dan mobil. Salah satunya dilakukan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Jerman.

Kedua penemu tersebut bertemu ketika bekerja bersama di Deutz-AG-Gasmotorenfabrik, produsen mesin stasioner terbesar pada tahun 1872. Pemilik Deutz-AG-Gasmotorenfabrik yang bernama Nikolaus Otto berhasil membua mesin empat langkah atau yang disebut juga mesin empat tak dan penemuan tersebut dipatenkan pada tahun 1877. Walaupun mesin empat tak tersebut masih terlalu sederhana dan kurang efisien, namun mesin tersebut diharapkan dapat menggantikan mesin uap. Pada tahun 1880, Daimler dan Maybach dipecat dari perusahaan tersebut dan keduanya mendirikan sebuah bengkel di Suttgart. Pada tahun 1885, keduanya menciptakan karburator untuk mencampur bensin dan udara sehingga dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin empat tak ciptaan Otto. Mereka mengembangkan mesin empat tak tersebut menjadi silinder 100 cc dan meletakkan mesin tersebut pada sebuah sepeda kayu. Sepeda kayu bermesin tersebut disebut sebagaiReitwagen (“riding car”) dan menjadi sepeda motor pertama di dunia.

Perkembangan sepeda motor di seluruh dunia terbilang cukup pesat, mulai dari tren yang berkembang hingga teknologi yang disematkan pada kuda besi tersebut.

Penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer karena harganya yang relatif murah, terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan penggunaan bahan bakarnya serta biaya operasionalnya cukup hemat.

Menurut Data Koprs Lalu Lintas Kepolisian Negara Indonesia yang dikutip dari TRIBUNNEWS.COM. Mencatat, jumlah kendaraan yang masih beroperasi di seluruh Indonesia pada 2013 mencapai 104,211 juta unit, naik 11 persen dari tahun sebelumnya (2012) yang cuma 94,299 juta unit. “Dari jumlah itu, populasi terbanyak masih disumbang oleh sepeda motor dengan jumlah 86,253 juta unit di seluruh Indonesia, naik 11 persen dari tahun sebelumnya 77,755 juta unit,” jelas Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia, Inspektur Jenderal Polisi Pudji Hartanto, di Sunter, Jakarta Utara, Selasa (15/4/2014).

Sementara itu, motor klasik atau motor jadul sampai saat ini masih dilirik banyak orang karena keunikan dan keistimewaannya, mulai dari desain hingga sejarah yang mengiringi motor-motor tersebut. Hal-hal semacam itulah yang membuat nilai jual motor-motor klasik menjadi tinggi, terlebih bagi para pecinta motor klasik atau kolektor. Tak jarang kalau para pemilik motor-motor klasik kini enggan untuk melepas motor kesayangannya, meskipun dibanderol dengan harga selangit. Untuk definisi klasik di Indonesia, biasanya mengacu pada kendaraan yang tahun produksinya di bawah tahun 1970.

 

Jenis – Jenis sepda motor klasik yang sedang populer di indonesia :

  1. VESPA KLASIK.

Vespa di produksi pertama kali pada tahun 1945. Kata ”Vespa” berasal dari kata ”Wesp” yang berarti ”binatang penyengat atau lebah”. Vespa jika dilihat dari atas bentuknya seperti lebah. Dalam perkembangannya, Vespa tidak hanya di pasarkan di Italia, tetapi juga laris di Perancis, Inggris, Jerman, Spanyol, Brasil serta India. Karena minat konsumen yang begitu besar, Vespa juga di prosuksi di Jerman dan Inggris. Walaupun Vespa Klasik pada saat ini sudah tidak di produksi lagi tetapi penggemar Sepeda motor jenis ini masih di minati dan di cari oleh para penggemarnya.

  1. CAFE RACER.

Seperti yang sudah diketahui bahwa aliran modifikasi caferacer merupakan aliran modifikasi yang mengadopsi gaya balap tempoe doeloe. Secara garis besar aliran ini dibagi menjadi 2 yaitu yang tanpa fairing dan yang menggunakan fairing baik full maupun half.

Aliran cafe racer punya ciri khas yang sangat menonjol, antara lain menggunakan setang jepit, otomatis posisi badan lbh jadi menunduk ketika berkendara. Selain itu, tanki motor dibuat ramping dan memanjang biar lebih enak dijepit paha. Ciri khas lain adalah jok yang rendah dengan buntut bagian belakang yang melengkung ke belakang n ke atas kaya buntut tawon.

  1. JAPS STYLE

Aliran Jap’s Style bisa terlihat dari ubahan tangki bensin yang didesain lebih mengecil dan simpel, alas duduk atau jok yang dibuat lebih tipis dengan tipe single seater, menggunakan stang semi hanger, lampu depan dan belakang mungil.

Di bagian keseluruhan bodi motor yang mengusung Jap’s Style akan terlihat rangka belakang yang terpangkas habis yang diiringi juga dengan penggunaan ban yang gendut dan lebar, dan juga jarak antara ban depan dan belakang dibuat lebih panjang dari rangka.

  1. SCRAMBLER

Aliran ini hampir sama dengan bratstyle namun yang membedakan adalah jenis ban dan type knalpot. Ban untuk aliran modifikasi ini biasanya menggunakan ban dengan motif kotak kotak/ bahkan trail. Sedangkan ciri yang lainnya adalah knalpot yang bukan berada di kolong melainkan berada di samping. Hal ini sesuai dengan roh aliran modifikasi ini yaitu untuk semi off road bahkan mendaki pegunungan.

  1. SINNERS DAN SOCAL (SOUTH CALIFORNIA)

Sinners (atau lebih tepatnya The Sinners) merupakan suatu komunitas motor yang anggotanya tersebar di beberapa negara bagian di Amerika. Sebagian besar anggotanya menggunakan The Big V (harley davidson) dan rata2 memodifikasinya dengan referensi chopper style namun dengan menambahkan “bumbu” setang z-bar / t-bar / u-bar yang tidak lebar, membuatnya terlihat unik dan berbeda dengan chopper kebanyakan.

Sementara Socal merupakan singkatan dari South California, merupakan salah satu “chapter” dari komunitas Sinners, motor anggotanya memiliki ciri khas yang hampir sama dengan Sinners, namun dengan penggunaan ban kecil dan tampilan keseluruhan lebih klasik daripada Sinners pada umumnya.

  1. BRATSTYLE

Banyak salah kaprah mengenai nama ini, yang sering disalah artikan sebagai nama sebuah aliran modifikasi, padahal Bratstyle merupakan nama sebuah workshop modifikasi yang bertempat di Saitama, Jepang. beberapa karya workshop ini memang mempunyai ciri2 khusus yang membedakan dengan workshop lainnya, seperti tangki chopper style (dengan tulisan Bratstyle tentunya ), ban yang besar dan tinggi dengan kembangan klasik, warna yang cenderung flat dan gelap, dan lainnya.

  1. CHOPPER

Adalah model motor yang mempunyai ciri menonjol utama fork/garpu depan yang sangat panjang sehingga memerlukan rangka yang didesain khusus sesuai panjang fork dan kemiringannya. Lingkar ban depan cenderung lbh besar dibanding belakang, bentuk setang juga tinggi.

  1. HOTROD

Hotrod merupakan suatu pakem modifikasi mobil yang biasa dianut para muscle-car mania. Big block, classic car with powerfull engine, dan biasanya diadu di dragstrip. Penampilan menjadi salah satu nilai plus, maka beberapa diantaranya mengecat ulang mobil2 klasik mereka dengan tampilan cat yang gahar. Di komunitas biker, tampilan cat yang gahar (mostly hitam doff + pernik merah atau putih) yang biasanya menjadikan suatu motor disebut beraliran hotrod, tanpa ada ciri khas tampilan tertentu lainnya.

  1. BOBBER

Bobber lahir lebih dulu dibanding chopper, keduanya sama prinsipnya yaitu memotong beberapa bagian, namun pada bobber sasis tetap standar. Ciri utama modifikasi bobber terletak pada bagian roda yaitu ban yang cenderung profilnya gendut untuk depan maupun belakang.

Di Indonesia juga semakin banyak penggemar motor – motor klasik ataupun motor – motor modifikasian jenis motor klasik. Karna semakin banyaknya masyarakat indonesia yang menyukai motor – motor ini maka semakin bermunculanlah komunitas – komunitas motor tua di indonesia. Adapun di indonesia telah munculnya komunitas sepeda mtotor klasik yang bisa menjadi wadah bagi pencita motor klasik. Contohnya saja komunitas Vspa Antik Club atau VAC. VAC berdiri pada tanggal 28 Oktober 1993 di Bandung. Komunitas ini, sesuai namanya merupakan kumpulan para pemilik dan penggemar kendaran vespa, terutama vespa yang dapat dikatakan antik. Vespa antik ini bisa dinilai dari tahun pembuatan, bentuk modifikasi, dan sematan asesoris. Vespa memang merupakan kendaraan eksotis yang melahirkan banyak komunitas besar. Salah satu komunitas besar yang merupakan kumpulan penunggang vespa adalah Mod. VAC sendiri cukup besar di Bandung dan telah diakui Vespa International. Tercatat ada ribuan anggota dari komunitas ini. Jumlah ini jelas cukup besar, mengingat vespa merupakan kendaraan ‘jadul’. Untuk menjadi anggota dari VAC kita tidak perlu menempuh jalur yang ribet. Syarat utama untuk menjadi anggota VAC adalah mempunyai SIM C dan telah berusia minimal 17 tahun. Anggota VAC juga berasal dari berbagai kalangan. Beberapa elemen masyarakat yang menjadi anggota VAC berasal dari para pekerja pemerintahan, kepolisian, pengajar, mahasiswa, hingga selebriti.

Motor vespa dari anggota Vespa Antique Club memiliki tanda khas. Salah satu tanda khas adalah adanya lambang “register” dan logo VAC pada tebeng depan. Salah satu ciri khas lain dari VAC adalah dengan mempertahankan bentuk motor sesuai dengan keluaran awalnya. Kebijakan ini memang berbeda dari beberapa komunitas vespa lain yang berusaha merombak habis tunggangannya.

Selain berkumpul dan bertukar informasi seputar vespa, komunitas ini juga melakukan banyak kegiatan sosial. Mereka selalu melakukan penggalangan dana bagi korban bencana alam dan sumbangan sosial lainnya. Mereka biasa melakukan koordinasi yang cepat di media sosial jika ada bencana alam melanda Indonesia.

VAC juga memiliki catatan rekor yang unik. Mereka pernah memegang rekor MURI, dengan memarkirkan 100.000 vespa di Taman Mini Indonesia, tahun 2010. Mereka juga meraih rekor menaiki Gunung Merapi dengan menggunakan vespa. VAC juga merupakan komunitas biker yang diperkenankan mengunjungi Taman Makan Pahlawan Cikutra dan melakukan tabur bunga di sana.Komunitas ini memang cukup solid. Mereka selalu mengumpulkan dana dari para anggota untuk diwujudkan dalam setiap kegiatan.

Klub ini juga sering mengadakan kegiatan sosial contohnya. Karya Bhakti : Berupa kegiatan Pengecatan Marka Jalan/ Pos Polisi, Pentas Seni dan Hiburan, Pasar Kaget, Kontes Vespa, Atraksi Vespa, Pameran Vespa, Lomba Fotographi, Pameran Foto.

Tidak semua komunitas motor itu negatif, masih banyak juga komunitas motor yang ada di Indonesia yang melakukan kegiatan yang positif contohnya saja VAC dan Itasha Indonesia mereka banyak melakukan kegiatan – kegiatan yang sifatnya positif.

 

Refrensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda_motor

http://www.carmudi.co.id/journal/motor-klasik-makin-tua-makin-dicinta/

https://sebandung.com/2014/04/vespa-antique-club/

http://www.kaskus.co.id/thread/51c1b1150a75b4197900000d/info-kenali-macam-macam-aliran-modifikasi-motor/

http://www.tribunnews.com/otomotif/2014/04/15/jumlah-kendaraan-di-indonesia-capai-104211-juta-unit

Ditulis dalam Tugas Softskill, Uncategorized

Tinggalkan komentar