TELEMATIKA

1. Definisi dari Telematika

Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Telematika berasal dari bahasa Prancis ( TELEMATIQUE ) yang berarti sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Teknologi Informasi sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah informasi.

Telematika merupakan teknologi komunikasi jarak jauh, yang menyampaikan informasi satu arah, maupun timbal balik, dengan sistem digital. pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi. Yang termasuk dalam telematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. Telematika menunjuk pada hakikat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekominikasi, media, dan informatika. Dalam Pengantar pada Mata Kuliah Hukum Telematikan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dinyatakan bahwa istilah telematika merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi telekomunikasi, media, dan informatika yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Istilah Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah informasi.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Telematika

Apa Itu Telematika dan Bagaimana Perkembangannya di Indonesia

2. Media komunikasi apa saja yang digunakan untuk telematika ?

Media yang digunakan dalam telematika yaitu hardware atau perangkat keras yang berguna sebagai pengirim dan penerima data, satelit digunakan sebagai sarana telematika kegunaan  Satelit komunikasi menerima sinyal yang dipancarkan ke arahnya dari Bumi, dan mengirimkannya ke tempat lain.

Media Komunikasi yang digunakan untuk telematika :

  • Komputer
Merupakan media teknologi informasi yang juga digunakan dalam telematika. Komputer digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia sebagai sistem pengolah informasi.
  • Handphone
Merupakan media komunikasi lainnya yang digunakan dalam telematika. Dengan adanya handphone, kita bisa saling berkomunikasi lewat telepon, maupun sms bahkan sekarang handphone bisa digunakan untuk chatting dan browsing.
  • Televisi
Merupakan jaringan yang dapat memberikan informasi yang berupa gambar, multimedia, dan suara.
  • Internet
Merupakan salah satu media utama dalam telematika. Dengan internet, manusia dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Kita dapat bertukar email, chatting atau sekedar browsing untuk mencari informasi yang dibutuhkan.
  • Radio
Merupakan media komunikasi yang digunakan dalam telematika yang mengirimkan informasi berupa suara yang mengirimkan sinyal dengan cara modulasi dan gelombang elektromagnetik.
  • Video Conference
Merupakan media komunikasi yang dapat mengirimkan informasi berupa suara dan gambar. Contoh Video Conference adalah aplikasi Skype dan juga memerlukan akses internet.
  • Pager
Alat telekomunikasi pribadi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Radio panggil numerik satu arah hanya dapat menerima pesan yang terdiri dari beberapa digit saja.
  • GPS (Global Positioning System)
sistem navigasi yang menggunakan satelit yang didesain agar dapat menyediakan posisi secara instan, kecepatan dan informasi waktu di hampir semua tempat di muka bumi, setiap saat dan dalam kondisi cuaca apapun.
Referensi:

http://kentangbegadang.blogspot.co.id/2014/10/media-komunikasi-yang-digunakan-pada.html

3. Perkembangan telematika sebelum dan sesudah kemunculan internet ?

  • Perkembangan TELEMATIKA sebelum adanya Internet

Perkembangan telematika pertama sebelum internet muncul, bermula pada penemuan telephon oleh Alexander Grahambel, paea tahun 1875. Yang kemudian berkembang menjadi jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika. Memasuki tahun 1910-1920 terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama, yang kemudian diikuti pula oleh transmisi audio visual tanpa kabel yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940. Pada tahun 1943 , beroperasinya komputer elektronik pertama , kemudian diikuti penemuan transistor pada tahun 1947 dan pada tahun 1957 rangkaian terpadu (integreted electronic ).

Pada masa itu belum ada internet, media yang mengandung unsur telematika pada saat itu hanyalah berupa radio, telepon, televisi, telegraph, dan pager. pada masa itu alat – alat tersebut masih cukup mahal harganya sehingga untuk bertukar informasi atau saling mengirim pesan dapat dilakukan dengan menggunakan surat pos yang membutuhkan waktu lebih dari satu hari untuk surat tersebut sampai kepada penerimanya.

  • Perkembangan TELEMATIKA setelah adanya Internet

Internet muncul pada tahun 1969 oleh departement pertahanan Amerika melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Sekitar tahun 1994 dioperasikan IndoNet sebagai ISP pertama di Indonesia , dan pada tahun 1995 pengguna internet dapat mengakses dengan menggunakan HTTP, dimana setiap clarissa menjadi provider Indonesia yang memberikan akses ke Telbet luar negeri. Dengan adanya internet, kita dapat berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh hanya dengan menggunakan unduhan yang disediakan internet. kelebihan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dengan adanya internet yaitu : adanya interaksi , pergantian isi pesan dapat dilakukan berupa teks,gambar, audio dan video. kita juga dapat memberikan informasi dengan cara memasukkan nya ke dalam blog yang tersedia.

Referensi :

http://deanrenanda.blogspot.com/2013/12/pengantar-telematika.html

http://danifast31.blogspot.com/2014/10/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html

4. Perkembangan telematika di Indonesia ?

Istilah Telematika pertama kali  digunakan di Indonesia adalah pada perubahan pada nama salah satu laboratorium telekomunikasi di ITB pada tahun 1978. Cikal bakal Laboratorium Telematika berawal pada tahun 1960-an. Sempat berganti-ganti nama mulai dari Laboratorium Switching lalu Laboratorium Telekomunikasi Listrik. Seiring perjalanan waktu dan tajamnya visi para pendiri, pada tahun 1978 dilakukan lagi perubahan nama menjadi Laboratorium Telematika. Ketika itu, nama Telematika tidak sepopuler seperti sekarang. Pada tahun 1978 itulah, di Indonesia, istilah Telematika pertama kali dipakai.

Salah satu milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari milis inipun tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang jelas arsip pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari hasil pencarian di arsip mailing list Telematika saya menemukan salah satu ulir diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan oleh Paulus Bambang Wirawan.

Di Indonesia, perkembangan telematika mengalami tiga periode berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat. Pertama adalah periode rintisan yang berlangsung akhir tahun 1970-an sampai dengan akhir tahun 1980-an. Periode kedua disebut pengenalan, rentang wktunya adalah tahun 1990-an, dan yang terakhir adalah periode aplikasi. Periode ketiga ini dimulai tahun 2000.

1. Periode Rintisan

Memasuki tahun 1980-an, perubahan secara signifikanpun jauh dari harapan. Walaupun demikian, selama satu dasawarsa, learn to use teknologi informasi, telekomunikasi, multimedia, mulai dilakukan. Jaringan telpon, saluran televisi nasional, stasiun radio nasional dan internasional, dan komputer mulai dikenal di Indonesia, walaupun penggunaannya masih terbatas.

2. Periode Pengenalan

Periode satu dasawarsa ini, tahun 1990-an, teknologi telematika sudah banyak digunakan dan masyarakat mengenalnya. Jaringan radio amatir yang jangkauannya sampai ke luar negeri marak pada awal tahun 1990. hal ini juga merupakan efek kreativitas anak muda ketika itu.

3. Periode Aplikasi

Awal era millennium inilah, pemerintah Indonesia serius menanggapi perkembangan telematika dalam bentuk keputusan politik, selanjutnya, teknologi mobile phone begitu cepat pertumbuhannya. Bukan hanya dimiliki oleh hampir seluruh lapisan masyarakat Indonesia, fungsi yang ditawarkan terbilang canggih. Muatannya antara 1 Gigabyte, dapat berkoneksi dengan internet juga stasiun televisi, dan teleconference melalui 3G. Teknologi komputer demikian, kini hadir dengan skala tera (1000 Gigabyte), multi processor, multislot memory, dan jaringan internet berfasilitas wireless access point. Bahkan, pada cafe dan kampus tertentu, internet dapat diakses dengan mudah, dan gratis.

Referensi :

http://cahyodwi06.blogspot.com/2015/10/perkembangan-telematika-di-indonesia.html

http://dee-x-cisadane.webs.com/apps/blog/show/19169220-sejarah-penerapan-dan-perkembangan-trend-telematika-ke-depan

5. Harapan dengan adanya Telematika di Indonesia ?

Harapan saya dengan adanya Telematika di Indonesia, Indonesia bisa semakin berkembang terutama dalam bidang Teknologi Informasi di semua aspek seperti pendidikan, perdagangan, industri, pemerintahan dan lain-lain.

Dengan adanya telematika di Indonesia perekonomian masyarakat di Indonesia bisa semakin berkembang dengan cara membuat bisnis online yang menggunakan teknologi internet atau E-Commerce. Semoga dengan adanya teknologi ini juga pemerintah mampu meningkatkannya dalam E-Government agar bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan lebih baik untuk masyarakat. Dengan adanya telematika dapat mempermudah penyebaran informasi secara cepat.

Dengan adanya telematika ini diharapkan orang – orang di indonesia bisa terbantu oleh teknologi ini. Di harapkan juga supaya telematika ini tidak hanya ada di kota – kota besar tetapi sampai plosok desa pun ada supaya mereka yang berada di desa tidak ketinggalan informasi atau perkembangan teknologi. Dan semoga telematika bisa berkembang lebih baik lagi serta masyarakat indonesia bisa menggunakan teknologi ini dengan baik dan bijak.

Ditulis dalam Tugas Softskill, Uncategorized

Tinggalkan komentar